Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangkit! Menuju Pelajar Berkemajuan



Ada jargon asyik yang sering diungkapkan temen2 IPM SMP Al Mujahidin saat Musda XIX PD IPM Gunungkidul, "IPM, Bangkit dan Bakoh!". Bangkit berarti bangun (hidup) kembali. Bakoh berarti kuat dan tangguh.

Bakoh. Tidak bisa kita temukan di kamus besar bahasa indonesia, tidak pula di kamus oxford. Konon istilah ini diterbitkan oleh kader2 IPM SMP Al Mujahidin. Kata ini simpel untuk diungkapkan tapi kredibel untuk diwujudkan.

Hampir 1 tahun PD IPM Gunungkidul tidak menunjukkan taringnya sebagai organisasi pergerakan di kalangan pelajar. Permasalahan internal pimpinan yang dibenturkan dengan tantangan eksternal di wilayah Gunungkidul yang kernas, menjadi kolaborasi rumit penyebab vakumnya IPM GK.

Dalam kurun waktu 3 bulan di awal tahun ini, 4 dari 5 IPM daerah di DIY telah melakukan pergantian periode melalui Musda. Jika dibiarkan, vakumnya IPM GK bisa berlarut-larut. Untuk mengatasi itu IPM DIY yg baru dilantik di awal periode bersama alumni IPM GK dan berbagai pihak berusaha turun tangan dan badan untuk bisa membangkitkan lagi IPM GK.

Disitulah kita terkadang berpikir tentang sebuah gerakan yang diungkapkan oleh Wiji Tukul:
"Aku berpikir tentang sebuah gerakan, tapi mana mungkin aku diam.
Aku berpikir tentang sebuah gerakan, tapi mana mungkin aku nuntut sendirian."
Gerak untuk bangkit tidak bisa dilakukan dengan diam dan kesendirian.


Jadilah kita mengambil tema Musda "Bangkit! Menuju Pelajar Berkemajuan". Tapi apa yang kita lakukan setelah bangkit dan menuju pelajar berkemajuan?. Ya. Kita harus Bakoh. Kuat dan tangguh untuk menghadapi persoalan, dan terus bergerak menuju kemajuan.

Hati ini sangat terharu melihat perjuangan temen2 ranting IPM GK, PD IPM n PW IPM yang rela mengorbankan banyak hal untuk bangkit dan bakoh. Jika ada yang bertanya, apa iya sudah diperjuangkan????

Saya akan jawab 2 hari ini kita buktikan dengan Musda, setelah proses panjang dengan berbagai kegiatan yang kita lalui. Ini awal baik kita untuk meraih kejayaan2 mendatang. Selamat berbangkit dan berbakoh! IPM JAYA
Nuun wal qalami wa maa yasturun

#mencobaberefleksi
~Azhar NU. IPM DIY.

Posting Komentar untuk "Bangkit! Menuju Pelajar Berkemajuan"